Sejarah Rubik’s Cube


.


Kita pasti telah mengenal permainan ini, sebuah puzzle mekanik berbentuk kubus berbahan plastik dan tersusun atas 26 kubus kecil yang berputar pada porosnya dan memiliki warna yang berbeda di setiap sisinya, yang kita kenal dengan istilah Rubik’s Cube atau Kubus Rubik. Permainan ini di percaya dapat meningkatkan ketajaman kecerdasan visual spasial dan daya nalar. Sebenarnya, Rubik telah ada dan sejak puluhan tahun silam, berikut adalah sejarah singkat tentang perkembangan permainan ini.
Rubik diciptakan pada tahun 1974 oleh seorang pemahat sekaligus profesor arsitektur dari Hungaria, Ernő Rubik. Pada puncak popularitasnya (1980an), sempat dikabarkan bahwa di setiap rumah di Amerika terdapat sedikitnya satu buah Rubik. Waw!!!
Pada tanggal 5 Juni 1982, kejuaraan dunia pertama diadakan di Budapest dan dimenangkan oleh seorang pelajar asal Los Angeles bernama Minh Thai dengan catatan waktu 22,95 detik. Kejuaraan dunia kedua pada tanggal 24 Agustus 2003 di Toronto dimenangkan oleh Dan Knights, seorang programmer asal San Fransisco, dengan waktu 20.02 detik
Pada kompetisi Jakarta Open 2010 pada tanggal 31 Januari 2010 yang diadakan di FX Building, Jakarta, tercatat Rekor dunia dalam menyelesaikan Rubik dengan mata tertutup. Sebanyak 16 buah Rubik berukuran 3x3 dapat diselesaikan dengan mata tertutup dalam waktu 57 menit oleh Muhammad Iril dari Indonesia.
Saat ini, rubik telah berkembang dan memiliki macam-macam tipe. Beberapa diantaranya adalah cuboid, sphere, mirror, pyramid, crystal, diamond, pillow, rainbow, dogic, octahedron, space dan lain sebagainya.

Your Reply