Apa itu IQ???


.


Apa yang anda pikirkan ketika mendengar istilah IQ??? Yups, kabanyakan orang akan mengaitkannya dengan kecerdasan. Pengertian dari IQ (Intelligence Quotient) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar.

Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ . Tes IQ pertama kali di perkenalkan sekitar tahun 1911 oleh Alfred Binet, seorang psikolog berkebangsaan Prancis. Tujuan dilakukan tes IQ waktu itu adalah untuk seleksi standar masuk militer atau pekerjaan. Kemudian tes ini berkembang keseluruh dunia sebagai tes seleksi standar dalam hampir semua bidang.

Tetapi, tidak semua orang ber-IQ tinggi dapat menjadi orang sukses, karena semua itu tergantung bagaimana cara orang tersebut mengembangkan dan menerapkan kemampuannya dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa tips latihan otak yang sering dilakukan orang Jepang dengan cara bermain game seperti dibawah ini:

1. Anzan

Anzan merupakan awal dari adanya latihan otak di Jepang. Anzan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris yang berarti ‘perhitungan mental’ dan melibatkan serangkaian panjang hitungan angka dengan membayangkan sempoa.

Pada anzan, sempoa digambarkan dalam pikiran. Penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan pembukuan dilengkapi melalui konsentrasi yang mendalam dan manipulasi sempoa mental. Untuk menjadi mahir, orang harus banyak berlatih. Anak-anak di Jepang biasanya latihan anzan 2 jam sehari.

2. Brain Age

Dr Ryuta Kawashima dari Tohoku University of Medicine menciptakan suatu permainan yang dapat mengembalikan kelincahan mental warga lanjut usia di Jepang.

Kawashima menciptakan video game yang dapat digunakan untuk meningkatkan penalaran mental dan bahasa. Penelitiannya menciptakan game Nintendo, Brain Age. Brain Age memiliki komponen yang menguji dan meningkatkan kemampuan matematika, kemampuan memori serta kemampuan yang meningkatkan jalur saraf.

3. Sudoku

Sudoku adalah puzzle Jepang yang melatih sisi penalaran dan analisis otak. Sudoku dipopulerkan oleh Nikoli Puzzle Company pada tahun 1986 dan menjadi populer di seluruh dunia pada tahun 2005. Puzzle Sudoku terdiri dari kotak persegi 9×9, yang mana setiap baris berisi nomor 1 sampai 9.

Pada awal permainan, ada beberapa angka dalam setiap persegi, kemudian para pemain harus menggunakan logikanya untuk menalarkan kolom dan baris yang masih kosong dengan angka-angka yang sesuai. Ada banyak variasi sudoku, seperti sudoku untuk anak-anak yang menggunakan kotak yang lebih kecil dan memiliki simbol seperti planet dan binatang, bukan angka.

Berikut adalah daftar 10 orang dangan IQ tertinggi di dunia.


1.Leonardo da Vinci - Italy, IQ 220
2.Johann Wolfgang von Goethe - Germany, IQ 210
3.Gottfried Wilhelm von Leibniz - Germany, IQ 205
4.Emanuel Swedenborg – Sweden, IQ 205
5.William James Sidis – USA, IQ 200
6.Kim Ung Yong – Korea, IQ 200
7.Thomas Wolsey Politician - England, IQ 200
8.Hugo Grotius Writer - Holland 200
9.Sir Francis Galton Scientist - England, IQ 200
10.John Stuart Mill - England, IQ 200

Your Reply